Minggu, 30 Mei 2010

MEMBUAT MENU CD

Tentunya Anda pernah melakukan install driver printer (baru) sebelum printer dapat melakukan tugasnya. Langkah pertama tentunya Anda memasukkan cd driver printer dalam tray cd/dvd rom. Setelah beberapa saat maka cd "berjalan" dan selang beberapa detik muncul tampilan pada desktop layar monitor. Anda tinggal klik tombol yang terpampang pada tampilan yang muncul. Terbayang dalam benak saya, kog bisa ya pabrikan membuat tampilan kayak begitu? Ya jelas bisa aja, namanya juga pabrik kondang (terkenal) masak sich membuat sesuatu asal jadi saja. Rasa penasaran saya makin tak terbendung saja. Ah alangkah mudahnya jika saya bisa mengemas materi tugas mengajar saya seperti yang ditampilkan dalam cd driver installasi printer itu. Seperti biasa deh, di waktu senggang saya sempatkan berkelana di dunia lain (maksud saya dunia lain adalah dunia maya, internet maksudnya). Saya kulonuwun pada paman gugel, dan astaga dalam hitungan sekejab perkelanaan saya ditanggapi. awalnya saya masih nggak mudeng, maklumlah saya orang udik yang nggak begitu paham bahasa orang bule. Akhirnya petualangan saya menemukan software yang dapat dipakai untuk membuat menu pada cd seperti pada cd driver installasi printer itu. Nama software itu adalah Portabel CD Menu Studio versi 3.0.1 dan Auto Play Media Studio versi 7.5. Tapi sayangnya kedua software tersebut tidaklah gratis alias berbayar kalau pengen membuat penuh seperti tampilan cd driver printer. Untuk Portabel CD Menu Studio versi 3.0.1 berukuran 9,42 MB sedangkan Auto Play Media Studio versi 7.5 berukuran 38,511 MB. Karena versi trialnya hanya dapat dipakai selama 30 hari saja dan untuk pembuatannya dibatasi hanya maksimal empat halaman saja. Selebihnya jika Anda ingin membuat tampilan menu cd secara penuh maka Anda harus melakukan registrasi.
Berikut contoh tampilan hasil proyek kedua software di atas.
Portabel CD Menu Studio versi 3.0.1


dan Auto Play Media Studio versi 7.5.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar